Buku Tamu

Selasa, 04 Mei 2010

Sebelum Ujian, Siswa SD di Yogyakarta Sarapan Bersama

Yogyakarta - Siswa Sekolah Dasar (SD) hari ini akan menjalani Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Di Yogyakarta, para siswa SD tersebut menggelar acara sarapan dan doa bersama sebelum ujian di mulai.

Di hari pertama ini, para siswa akan menempuh ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada hari kedua dan ketiga, mereka akan menempuh ujian Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pantauan detikcom, beberapa SD Negeri di Kota Yogyakarta mengawali pelaksanaan UASBN dengan sarapan pagi bersama. Menu sarapan, nasi atau bubur dan susu, disediakan masing-masing sekolah ditambah bantuan program PMTAS (Pengadaan Makanan Tambahan Anak Sekolah) dari Pemkot Yogyakarta. Bantuan Pemkot tersebut rutin diberikan kepada sekolah setiap 3 bulan sekali. Saat ini, bantuan PMTAS berbarengan dengan pelaksanaan ujian akhir sekolah.

Ujian dimulai pada pukul 08.00 WIB, Selasa (4/5/2010). Namun sebelumnya sekitar pukul 07.00 WIB, para siswa sudah masuk ke ruang kelas tempat ujian berlangsung. Beberapa orang guru bersama pengawas/panitia kemudian memberikan sepiring nasi telur dan tempe serta segelas susu.

Siswa kemudian makan bersama-sama dengan lahapnya. Seusai sarapan siswa kemudian melakukan doa bersama agar ujian berjalan lancar dan mudah mengerjakan soal-soal ujian.

"Sarapan bersama ini salah satu dorongan dari kami (sekolah) agar siswa punya tenaga untuk mengerjakan soal ujian hari ini hingga selesai," kata Kepala SDN Giripeni Wates, Murdi kepada detikcom.

Menurut dia, pemberian makanan tambahan perlu dilakukan mengingat kebanyakan orang tua siswa ada yang bekerja dengan waktu yang tidak menentu atau serabutan. Dengan demikian, mereka sangat jarang bisa memantau anak-anaknya, terutama masalah sarapan. Mereka ada yang jarang makan pagi dan hanya mengandalkan jajan di sekolah saja.

"Kita berharap anak-anak bisa konsentrasi dan stamina yang cukup. Acara ini juga bentuk kebersamaan sebagai salah satu dukungan moral kita kepada 23 siswa yang sedang menempuh ujian," katanya.

1 komentar:

pit onthel mengatakan...

sip dech...!!!